6 Cara Untuk Menjadi Pendengar yang Lebih Baik


 

Foto: copyright ignite.me

Vemale.com – Tidak bisa dipungkiri, ‘dipahami’ merupakan salah satu kebutuhan manusia dalam hidup bersosial. Cara paling mudah untuk membuat orang di sekitar Anda merasa dipahami adalah dengan mendengarkannya.

Beberapa orang menganggap ‘mendengarkan’ adalah hal yang sepele dan mudah dilakukan. Padahal ‘mendengarkan’ juga dapat menjadi hal yang kompleks. Seringkali kita merasa telah mendengarkan seseorang, padahal sebenarnya Anda tidak mendengarkan, atau dianggap tidak mendengarkan.

6 cara berikut dapat membuat Anda menjadi pendengar yang baik, dilansir oleh awomanshealth.com:

Abaikan gadget Anda

Matikan atau silent gadget Anda ketika sedang berbicara dengan orang lain. Mengirim pesan pada saat mengobrol dapat memberi kesan Anda tidak sedang mendengarkan, dan pesan yang anda kirim lebih penting dari lawan bicara Anda. Berikan perhatian penuh pada rekan Anda saat berbicara dengannya agar rekan Anda tidak merasa diabaikan.

Jadilah orang yang penasaran pada topik

Masih ingatkah Anda, ketika Anda kecil dan Anda selalu bertanya karena ingin mengetahui semua yang dapat Anda ketahui. Pada saat itu Anda akan sangat tertarik pada suatu hal dan ingin mengetahui segala sesuatu mengenainya. Coba hidupkan rasa penasaran seperti itu saat Anda mendengarkan. Buatlah Anda tertarik pada orang yang Anda dengarkan. Perhatikan dan bertanyalah pada orang yang Anda dengarkan. Cobalah bertanya dengan pertanyaan pendek yang memerlukan jawaban panjang.

Jangan menyela pembicaraan

Biarkan rekan Anda menjawab pertanyaan. Diam dapat menjadi sulit, terutama pada topik yang Anda anggap menarik. Tetapi, coba tahan keinginan Anda untuk memberi nasehat atau menjawab ketika Anda sedang mendengarkan, ini akan membuat rekan bicara Anda dapat mengungkapkan semua emosi mereka.

Dengarkan dengan semua indera Anda

Hati-hati dengan efek lingkungan di sekitar Anda. Apakah terlalu ramai? Apakah lingkungan Anda memberikan cukup privasi? Apakah Anda dan rekan Anda duduk dengan nyaman? Dengarkan seluruh isyarat verbal dan non-verbal dari rekan bicara Anda, termasuk ekspresi dan bahasa tubuhnya. Untuk itu berhadapan langsung merupakan cara terbaik untuk mendengarkan.

Ulangi dan Simpulkan

Mengulangi dan menyimpulkan pembicaraan Anda dapat menghindari miss-understanding dan kebingungan di antara Anda dan rekan, juga dapat memberi Anda waktu untuk lebih memahami informasi yang Anda terima.

Bertanyalah

Berikan pertanyaan yang sesuai dengan topik, cobalah untuk fokus, jangan mencoba mengalihkan pembicaraan dengan menanyakan hal-hal yang lain.

Cara pertama untuk menjadi lebih baik adalah kesadaran diri sendiri. Ketahui karakter Anda dalam mendengarkan, dan mulailah berubah untuk menjadi pendengar yang lebih baik.