Uniknya Etika Makan Dari Berbagai Negara


(c) ShutterStock

Vemale.com – Makan sudah menjadi aktivitas yang dilakukan oleh setiap orang setiap harinya. Karena sudah menjadi bagian dari hidup, maka makan sudah biasa dilakukan dengan gaya yang berbeda-beda, sesuai dengan kebiasaan. Ada yang terbiasa makan di meja makan, ada yang terbiasa makan sambil menonton televisi atau tidak bisa makan bila tidak ada menu kesukaannya. Di berbagai negara, etika makan menjadi salah satu tradisi yang sudah mengakar selama ratusan tahun.

Uniknya, setiap negara memiliki etika makan sendiri-sendiri. Ada satu negara yang menganggap aktivitas makan harus menggunakan tangan kanan karena tangan kiri tidak sepatutnya digunakan untuk makan. Selain itu masih ada lagi etika makan yang akan membuat Anda kaget karena baru mengetahuinya. Anda penasaran dengan etika makan dari beberapa negara di seluruh penjuru dunia?

1. Makan dengan tangan

Bagi orang Timur, makan dianjurkan dengan tangan kanan. Selain karena tangan kanan dianggap sebagai tangan ‘baik’, makan dengan tangan kiri dianggap tidak sopan. Hal ini sedikit menyusahkan bagi mereka yang kidal. Sementara itu di Meksiko, penduduk di sana terbiasa makan langsung dengan tangan tanpa menggunakan sendok dan garpu.

2. Norma kesopanan

Bila di sini Anda terbiasa mencicipi makanan milik teman Anda maka di Chile, hal itu dianggap tidak sopan. Warga Chile sangat membenci orang yang dengan seenaknya mengambil makanan di piringnya dengan tangan telanjang (tanpa sendok atau garpu). Bagi mereka, mengambil langsung dengan tangan dianggap tidak menghormati. Sedangkan di Italia, jangan pernah meminta keju jika memang tidak diberi. Sebab meminta keju ekstra di atas pizza dianggap sebagai sebuah dosa.

3. Tradisi unik Perancis

Makan dengan sendok dan garpu sudah biasa, tapi bagaimana dengan menggunakan roti? Bagi warga Perancis, menyendok makanan dengan potongan roti adalah hal yang lumrah. Tidak hanya itu, bila Anda makan bersama teman-teman di sebuah kafe atau tempat makan lainnya maka Anda dan teman tidak boleh membayar sendiri-sendiri karena itu dianggap tidak sopan.

4. Cara makan yang unik

Anda terbiasa makan dengan hati-hati agar tidak ada nasi tercecer atau malah membuat malu karena berantakan? Maka hal sebaliknya berlaku di China. Di China, sendawa adalah tanda kepuasan dan pujian pada koki setelah makan. Selain itu bila seusai makan, meja makan sedikit berantakan menandakan bahwa ketika makan sangat menikmati hidangan yang disediakan. Etika makan unik juga ada di Thailand yaitu mereka tidak pernah memasukkan garpu ke dalam mulutnya. Menurut mereka, tugas garpu hanya membantu sendok dalam mendorong makanan yang ada di atas piring.

Etika makan setiap negara berbeda-beda ladies. Jika Anda suka berjalan-jalan ke luar negeri maka etika makan bisa jadi salah satu hal yang dianjurkan untuk dipelajari agar Anda tidak dipandang aneh atau tidak menghargai budaya setempat. Menurut Anda etika makan dari negara mana yang paling unik, ladies?