Putus Cinta Itu Bikin Sehat, Nggak Percaya?


Courtesy ShutterStock.com

Vemale.com – Melihat mereka yang sedang patah hati setelah putus cinta itu seperti kasihan banget ya. Apalagi kalau sampai berat badannya turun dan ia jadi terlihat kurus.

Sebenarnya ini adalah hal biasa lho ladies, sebagian besar orang memang mengalami penurunan berat badan ketika putus cinta. Tetapi, yang jelas itu bukan hal yang buruk, melainkan sebuah kabar baik.

Putus cinta tidak melulu dibilang hal yang kurang baik. Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari putus cinta. Manfaat-manfaat tersebut sebagian besar mempengaruhi psikis seseorang, dan memberikan suntikan motivasi tersendiri, sehingga membuat tubuh jadi lebih bersemangat dan berenergi. Kalau sudah begini, biasanya badan akan jauh lebih sehat.

Seperti dikutip dari SheKnows, berikut beberapa manfaat yang bisa Anda nikmati setelah putus cinta.

Menjadi diri sendiri yang lebih baik

Percaya atau tidak, setelah putus cinta, seseorang cenderung lebih bisa introspeksi diri dan memperbaiki dirinya. Entah itu berdasarkan penampilan atau tentang kepribadian. Hal ini sempat dibahas dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Minnesota tahun 2003 silam.

Beberapa penelitian lain mendukung hal ini. Sekalipun mungkin ada tahapan di mana seseorang merasa dirinya terpuruk. Namun perlahan ia akan bangkit dan menemukan kembali dirinya, yang bahkan lebih baik lagi.

Lebih tenang

Tanpa kekasih, seseorang akan lebih tenang. Di masa putus, seseorang cenderung berada pada masa meditasi, masa introspeksi, di mana di sinilah semua emosi dan luka itu diredam dan disembuhkan.

Kebiasaan makan yang lebih baik

Mereka yang putus cinta cenderung memiliki kebiasaan makan yang lebih baik. Kecuali mereka yang doyan melampiaskan emosi melalui makanan lho. Karena umumnya ketika putus cinta, waktu makan akan jadi lebih teratur. Porsinya juga tidak berlebihan sehingga ada kecenderungan berat badan turun.

Hidup lebih ringan

Tanpa beban. Itulah yang pertama kali dirasakan saat putus cinta. Memang seperti kelihatan berbeban besar, tetapi setidaknya satu masalah sudah terbebaskan.

Kembali mendapatkan motivasi

Memiliki kekasih artinya ada beberapa hal yang harus disisihkan. Termasuk passion dan impian atas sesuatu. Nah, saat putus, impian tersebut bisa kembali diraih. Tanpa ada yang membatasi. Otomatis kebebasan ini akan menjadi sebuah kartu As untuk berkreasi. Sebuah kebahagiaan yang diperoleh dari sisi lain.

Persahabatan

Persahabatan yang lebih erat dan berkualitas akan lebih mudah diperoleh ketika putus cinta. Kalau dahulu mau ke sana sini bersama sahabat harus selalu minta persetujuan kekasih, kini mau pergi kapan saja bisa.

Anda juga bisa sharing segala hal sehingga sahabat Anda lebih mengerti akan diri Anda.

Tak semuanya dinilai buruk kok ketika putus cinta. Banyak juga sisi-sisi positif yang bisa Anda petik sebagai bekal hubungan asmara selanjutnya. (vem/bee)