Gua Misterius Bisa Bersiul Menyapa Pengunjung


Gua Son Doo (c) bibliotecapleyades.net

Vemale.com – Jika Anda sedang traveling ke Vietnam, mampirlah ke gua Son Doong. Di sana Anda akan menemukan gua yang berbeda dari biasanya dengan sedikit sentuhan misterius. Warga di sekitar gua dan para pengunjung sering mendengar siulan dari dalam gua, seolah-olah menyapa pengunjung yang hadir di sana.

Gua Son Doong terletak di hong Nha-Ke Bang National Park, Vietnam, merupakan salah satu gua yang terbesar di dunia. Gua ini ditemukan tahun 1991 oleh seseorang bernama Hồ-Khanh. Sebelum terkenal seperti sekarang, warga di sekitar gua sering merasa ketakutan karena ada suara-suara siulan kencang dari dalam gua. Masyarakat menganggap fenomena itu sebagai hal mistis dan membuat mereka takut mendekati gua.

 

(c) Barcroft Fame Pictures(c) Barcroft Fame Pictures

 

Setelah bertahun-tahun, peneliti gua dari British Cave Research Association, Inggris mencari tahu apa yang terjadi hingga gua ini bisa bersiul. Penelitian itu membawa fakta lain, ternyata ukuran gua Son Doong sangat besar, bahkan lebih besar dari gua terbesar di dunia yang ada di Malaysia. Ukuran bagian dalam gua lebih dari 5 km dengan tinggi 200 meter dan lebar 150 meter. Anda bahkan bisa menemukan hutan di dalam gua.

 

(c) bibliotecapleyades.net(c) bibliotecapleyades.net

 

Gua Son Doong dihubungkan dengan sungai, sehingga kondisi basah tersebut membuat beberapa tumbuhan hidup di dalam gua. Tidak perlu takut dengan suara siulan misterius dari dalam gua. Para peneliti menemukan bahwa suara itu berasal dari udara yang melewati lorong-lorong gua. Perbedaan tekanan udara menyebabkan suara yang mirip siulan.

Saat ini, gua Son Doong menjadi salah satu gua yang membuat banyak orang penasaran untuk mengunjunginya. Inilah salah satu bukti ciptaan Tuhan yang mengagumkan. Berminat mengunjungi gua Son Doong?