Mengapa Wanita Enggan Minta Maaf Duluan?


Courtesy ShutterStock.com

Vemale.com – Banyak wanita yang menganggap bahwa pria adalah makhluk yang gengsinya paling tinggi, tetapi ternyata tak hanya pria lho, wanita juga.

Coba ingat-ingat kembali, berapa kali Anda meminta maaf pada kekasih saat bertengkar dengannya? Umumnya, justru pria yang meminta maaf terlebih dahulu dan berharap agar pertengkaran segera diakhiri. Apalagi kalau wanita sudah diam seribu bahasa dan bersikap cuek, di sini akhirnya pria berusaha mengalah untuk membuatnya ceria lagi, demi nama cinta.

Dan umumnya, wanita juga seringkali memakai kata maaf dari pria ini sebagai senjata, yang menjadi pembuktian cinta pria padanya. Kalau kekasihnya tidak meminta maaf terlebih dahulu, artinya dia tidak sayang. Hayooo… ngaku siapa yang pernah mengancam kekasih dengan kalimat itu?

Kami tidak sedang menghakimi Anda kok. Tetapi, kami ingin menunjukkan bahwa wanita memang cenderung enggan dan gengsi untuk meminta maaf terlebih dahulu. Mengapa demikian? Ternyata ini alasannya…

Merasa lebih kuat

Wanita jaman sekarang, banyak yang termakan kata ’emansipasi’ dan akhirnya memanfaatkan kata tersebut dengan tidak bijak. Dengan alasan enggan harga dirinya diinjak oleh pria, maka permintaan maaf sangat langka keluar dari bibirnya.

Wanita juga merasa lebih kuat dan tidak kalah oleh pria ketika pasangannya yang meminta maaf. Apakah ini berarti kata maaf adalah sinyal kelemahan wanita? Sayangnya, banyak yang berpikir demikian, padahal tidak.

Meminta maaf itu tidak menunjukkan sisi lemah seseorang, tetapi justru membuat sisi kedewasaan lebih unggul. Tak ada yang kalah atau menang saat meminta maaf kok. Keduanya akan menang dan kembali ke hubungan yang harmonis.

Canggung

Wanita adalah makhluk yang terlalu banyak memikirkan ini itu, takut begini dan begitu, dan terlalu khawatir akan banyak hal. Salah satunya adalah menjadi canggung saat usai meminta maaf.

Kalau pria bisa kembali bersikap hangat dan normal, wanita cenderung diam dan salah tingkah setelah meminta maaf. Dan hal ini membuat wanita jadi enggan meminta maaf saat berbuat salah, can memilih untuk diam saja.

Sok nge-tes

Wanita juga sering memakai ‘permintaan maaf’ sebagai salah satu tes bagi pria, apakah dia serius atau tidak. Kalau pria itu doyan ngalah dan tidak ragu meminta maaf sekalipun tidak salah, maka pria itu lolos tes.

Hmm… sebuah aksi yang konyol ya? Sekalipun konyol, hal ini masih sering dipakai wanita untuk membuktikan cinta pasangannya.

Semua selalu salah pria

Tak peduli siapa yang memulai argumen terlebih dahulu, sudah menempel di benak wanita bahwa prialah yang patut menanggung kesalahannya. Kebiasaan ini dipiara sejak kecil, dan wanita selalu merasa dirinya benar sepanjang masa.

Menikmati dianggap ‘putri’

Wanita menikmati momen-momen di mana ia dianggap sebagai putri yang dimanjakan dan selalu mendapatkan apapun keinginannya. Oleh sebab itu, dalam hal meminta maaf, ia juga tak akan repot-repot melakukannya terlebih dahulu.

Baginya, kalau pria bisa meminta maaf terlebih dahulu, mengapa ia harus melakukannya?

Bahkan, dalam benak beberapa orang wanita, cinta itu artinya jangan pernah meminta maaf duluan, agar pria tidak semena-mena dan seenaknya sendiri.

Well, ladies. Sekali lagi kami ingin mengingatkan bahwa permintaan maaf bukanlah tanda kelemahan atau kekalahan. Permintaan maaf adalah sebuah kesadaran diri bahwa telah melakukan kesalahan, dan berusaha untuk tidak melakukan lagi atau memperbaiki kesalahan tersebut. Permintaan maaf sekaligus menjadi sebuah tindakan dewasa, yang membuat hubungan jadi tetap harmonis. Jadi, jangan pernah memelihara gengsi untuk meminta maaf terlebih dahulu pada pasangan ya.

(vem/bee)