3 Cara Belajar Saling Percaya Dengan Pasangan Anda


(c) shutterstock.com

Vemale.com – Saling percaya bukanlah hal yang mudah dalam hubungan cinta dengan pasangan. Awalnya mungkin belum terasa, karena hubungan Anda dan dia masih berbunga-bunga.

Namun yang namanya kecurigaan dan masalah itu bisa saja terjadi kalau Anda lengah dengan apa yang Anda pahami tentang pasangan Anda. Suatu ketika, ada hari yang menunjukkan bahwa pasangan Anda hanya manusia biasa yang bisa melakukan kesalahan.

Menurut Journal of Personality and Social Psychology, bila Anda mempercayai pasangan Anda, maka Anda akan cenderung memaafkan dan melupakan kesalahannya dibanding bila Anda tak mempercayainya. Penjelasannya adalah, ketika Anda percaya padanya, maka Anda tidak akan memperpanjang masalah atau mengungkit kesalahannya karena Anda hanya melihat pada saat itu saja.

Namun bila Anda tak mempercayainya, Anda akan terngiang-ngiang dengan apa yang telah dia lakukan dan mengasumsikan bahwa dia memiliki perangai buruk. Hal inilah yang membuat kita sulit memaafkan atau melupakan.

Ada 3 hal yang perlu Anda ketahui untuk membina kepercayaan dalam hubungan cinta dengan pasangan. Cobalah untuk memahami beberapa hal berikut.

Konsep Mengenai Perubahan

Seringkali kita ingin mengubah pasangan menjadi sosok yang lebih baik. Namun apa yang menurut kita baik belum tentu baik baginya. Tidaklah ada yang akan mengubah seseorang selain dirinya sendiri. Maka katakanlah padanya, “Aku tidak memintamu berubah. Namun bila kita saling mencintai, kita tahu apa yang harus kita lakukan. Kita perjuangkan. Kita usahakan.”

Dengan demikian, akan membuat seseorang menjadi dirinya yang lebih baik dan lebih tepat bagi dirinya sendiri. Berikan kepercayaan Anda padanya bahwa dia BISA melakukan yang terbaik dalam hidupnya.

Jangan Menghakimi

Begitu Anda mendengarkan atau melihat sesuatu dari pasangan Anda, cobalah untuk tidak mendahulukan mulut Anda karena biasanya hal ini cenderung membuat kita menghakimi seseorang. Bila Anda terlalu menghakiminya, bisa jadi ia akan berpikir dua kali untuk bercerita lagi pada Anda.

Jadilah orang yang bisa menerima dan berempati dengan keadaannya. Kebiasaan ini layak Anda pertahankan bila Anda ingin membina kepercayaan dengan pasangan Anda. Anda dan dia saling membutuhkan perasaan aman pada satu sama lain, jangan sampai terasa seperti menyerang satu sama lain.

Menepati Janji

Salah satu cara menguji kepercayaan adalah dengan janji. Ada banyak keajaiban ketika Anda dan dia saling menepati janji paling sederhana sekalipun. Ibarat kata pepatah, bila Anda ingin menjalankan sesuatu yang besar, maka mulailah dengan melakukan hal-hal kecil. Menepati janji adalah barometer paling mudah yang bisa meningkatkan kepercayaan hubungan Anda, atau menghancurkannya seketika.

Membangun kepercayaan dalam berbagai hubungan itu mudah ketika kita masih bia melakukan yang terbaik. Namun ketika masalah datang dan menyangkut kepercayaan, maka mengembalikan kepercayaan inilah yang sulit.

Saling percaya adalah salah satu kunci hubungan yang kokoh dan tangguh menghadapi kecurigaan. Semoga 3 hal di atas bisa membantu Anda dan pasangan lebih bahagia.