PUASA: Yang Perlu Anda Perhatikan Jika Memiliki Asma


(c) vemale

Vemale.com – Hai Ladies, datangnya bulan ramadha berarti datang pula kewajiban bagi anda yang beragama muslim untuk menunaikan ibadah puasa. Namun, bagaimana jika anda memiliki kondisi asma? Apakah yang harus anda persiapakan?

Disebutkan pada situs asthma.org.uk, hal pertama yang harus anda lakukan adalah anda berkonsultasi tentang puasa anda dengan dokter. Mereka akan membantu Anda beradaptasi dengan anjuran penggunaan obat-obatan ketika berpuasa.

Dengan berkonsultasi mengenai berpuasa, akan sangat dimungkinkan untuk mengubah obat-obatan anda menjadi obat jangka panjang. Hal penting yang perlu anda perhatikan juga adalah memastikan bahwa asma anda terkontrol dengan baik dengan obat baru Anda.

Karena selama berpuasa tidak diizinkan untuk minum, maka dehidrasi dapat mengeringkan saluran udara dan dapat membuat asma anda lebih parah ketika terjadi serangan asma. Cobalah untuk membuat janji dengan dokter setiap saat ketika berpuasa untuk memastikan kondisi asma anda. Jika anda merasa asma anda semakin parah saat berpuasa, segeralah cari bantuan medis.

Ladies, untuk membantu memantau kondisi asma anda saat berpuasa, anda harus memiliki rencana untuk menangkal terjadinya serangan asma ditengah-tengah puasa. Rencana ini dapat dibuat secara tertulis, dengan anda atau dokter anda yang mengisi untuk memastikan kondisi anda. Lalu, diskusikan juga rincian obat asma baru anda yang digunakan khusus ketika berpuasa. Rencana yang anda buat ini harus mencakup berbagai aspek ketika anda berpuasa nanti.

Oleh: Yudha Yanuar A.

(vem/tyn)