Nikmatnya Ramadan di Korea Selatan


(c) ShutterStock.com

Vemale.com – Bagi yang menyukai K-Pop dan serial Korea, datang ke Korea Selatan terutama Ibukotanya yaitu Seoul tentu menjadi impian tersendiri. Negara yang memiliki sejuta entertainer yang digilai di seluruh dunia ini memang indah dan layak dikunjungi sebagai tempat wisata. Namun bagaimana bila menjalankan ibadah puasa ramadan di sana? Beda lagi serunya ladies.

Korea Selatan walau terletak jauh dari garis khatulistiwa bukan berarti musim panasnya tidak menggila. Di Korea, musim panas sering mencapai hingga 35 derajat celcius. Hal ini berarti bila berpuasa di sana pada saat musim panas seperti beberapa tahun ini maka ujian terberat adalah ketika waktu sudah mendekati tengah hari. Suhu udara yang tinggi dan tingkat kelembapan yang tak kalah tinggi membuat rasa haus semakin membahana.

Kaum muslim di Korea Selatan terhitung mayoritas, itu pun rata-rata adalah pendatang dari luar Korea Selatan seperti Indonesia, Timur Tengah dan Eropa. Walau begitu, kebersamaan ketika ramadan di sana sangat terasa begitu waktu buka puasa dan tarawih tiba. Bagi yang tinggal di Seoul, masjid besar yang ada di Seoul menjadi pusat berkumpulnya muslim di sana.

Kaum muslim di Seoul sudah berkumpul di masjid besar Seoul sejak sore hari. Mereka membawa bekal buka puasa dan menyantapnya bersama di sana. Atau masjid besar Seoul rutin mengadakan buka bersama. Ketika waktu berbuka tiba, para jamaah segera shalat Magrib kemudian berbuka bersama. Suasana ramadan sangat terasa karena banyak yang memilih untuk menikmati buka puasa di masjid daripada sendirian di flat atau asrama.

Kimchi khas Korea Selatan | (c) studentweb.cortland.eduKimchi khas Korea Selatan | (c) studentweb.cortland.edu

Untuk menu buka puasa sendiri, mereka kerap menyantap menu khas Korea. Walau ada banyak makanan Korea yang tidak halal namun mereka memasaknya sendiri sehingga tidak mencampurkan bahan yang tidak halal. Bagi muslim di Korea Selatan, menu makanan Korea memang lezat di lidah dan mengenyangkan untuk buka puasa. Beberapa menu favorit khas Korea Selatan yang disukai untuk menu buka puasa adalah kalbi thang, kimchi bokumbab, dwen jang chigea, kimchi chijjigae, bulgogi, dakdoritang, kimchin jeon, dan bibimbap. Wah Anda pecinta K-Pop pasti juga ingin menyantap makanan di atas ya! Itulah kenikmatan berpuasa di negeri ginseng. Walau cuaca panas dan membuat haus namun kebersamaan ketika berbuka puasa tidak dapat tergantikan.