Cara Mudah Menurunkan Berat Badan (Dan Tidak Naik Lagi)


(c) shutterstock

Vemale.com – Menurunkan berat badan kadang tidak mudah. Kadang berat badan sudah turun, tetapi beberapa saat kemudian naik lagi, bahkan lebih banyak ketimbang berat badan sebelumnya. Penurunan berat badan seperti itu disebut diet yoyo, berat badan turun, naik lagi, turun lagi, naik lagi.

Jika terus seperti itu, sudah pasti berdampak tidak sehat bagi tubuh. Berat badan yang stabil adalah berat yang seharusnya dimiliki. Inilah 6 tips dari Newsmaxhealth.com agar berat badan turun dan tidak naik lagi.

Tidur Setidaknya 7 Jam Setiap Hari

Tidur tidak akan membuat Anda gemuk (kecuali Anda makan sebelum tidur). Yang harus Anda lakukan adalah tidur setidaknya 7 hingga 8 jam setiap hari. Dengan tidur yang efektif, maka hormon penyebab rasa lapar lebih jinak dan bersahabat.

Tulis Semua Yang Anda Makan

Ya! Semua! Mulai dari makanan besar hingga minuman. Banyak orang kecolongan dengan camilan ringan (yang sebenarnya tinggi kalori) juga minuman yang banyak mengandung gula dan kalori. Dengan catatan, Anda bisa menghitung sudah berapa banyak kalori yang masuk dalam tubuh. Perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung protein, seperti kacang rebus, telur, ikan, dada ayam.

Makan Pelan-Pelan

Saat Anda makan, otak memerlukan sinyal beberapa saat untuk mengirim respon kenyang. Karena itu, makanlah perlahan. Selain lebih sehat karena makanan dikunyah lebih halus, Anda tidak akan makan terlalu banyak dan segera tahu bahwa otak sudah mengirim respon cukup atau kenyang.

Makan Sedikit Tapi Sering

Salah jika Anda berpikir bahwa tidak makan bisa menurunkan berat badan. Tidak makan sama dengan menurunkan metabolisme tubuh. Makanlah dalam porsi kecil tetapi sering, kira-kira 5 sampai 6 kali dalam sehari. Tiga makan besar, dua camilan buah segar.

Bergerak dan Bergerak

Olahraga atau latihan atau sekedar berjalan bisa membuat tubuh Anda membakar kalori lebih banyak. Selain itu, tubuh lebih sehat karena menurunkan tekanan darah, membuat gula darah lebih stabil dan menurunkan kolesterol jahat.

Dukungan Teman

Diet bersama teman sering menjadi motivasi tersendiri dan membuat diri lebih terpacu untuk bersaing secara sehat. Ajaklah sahabat atau anggota keluarga Anda untuk menemani proses penurunan berat badan. Dengan diet bersama, Anda dan teman bisa saling mengingatkan.

Tidak terlalu sulit bukan? Tanpa obat-obatan, semua orang bisa menurunkan berat badan dan menjaga berat badan ideal.

(vem/yel)

Iklan