Stres Karena Pekerjaan Sering Membuat Hubungan Cinta Kandas


 

(c) shutterstock

Vemale.com – Semakin hari, dia semakin sibuk dengan pekerjaannya. Atau justru Anda yang sedang dalam masa sibuk-sibuknya dengan pekerjaan kantor? Mau tidak mau, hal ini akan berdampak pada hubungan asmara. Hubungan yang dulu begitu manis menjadi hambar bahkan makin sering bertengkar. Tahukah Anda, pertengkaran itu sebenarnya lebih sering dipicu stres pekerjaan.

Dia atau Anda makin sering bertengkar.

Dia atau Anda tidak lagi punya waktu untuk mendengarkan.

Dia atau Anda seolah punya dunia sendiri yang harus dikejar.

Ini semua bukan mengenai dia atau Anda yang berubah, tetapi pengaruh stres pekerjaan. Dilansir dari situs Geniusbeauty.com, tingkat stres atau tekanan pekerjaan akan berpengaruh besar dalam hubungan, terutama yang masih dalam tahap pacaran. Lisa Neff dan Benyamin Karney, psikolog dari Amerika Serikat melakukan penelitian pada 228 pasangan yang sudah bersama beberapa tahun.

Pelampiasan Stres Karena Pekerjaan 

Hasil penelitian mereka menunjukkan bahwa stres di tempat kerja secara tidak langsung ‘mengubah’ seseorang. Kelelahan, dikejar target, tumpukan pekerjaan yang tidak selesai dan semua masalah kantor akan mengendap dan menimbulkan kebencian, kemarahan. Sayangnya, hal itu sulit dilampiaskan di kantor, akhirnya pelampiasan termudah adalah orang yang dekat dengan Anda, disengaja ataupun tidak.

Tidak heran jika masalah kecil jadi besar. Hal-hal yang tidak perlu diributkan justru membara. Ujung-ujungnya, selalu ada pertengkaran bahkan berakhir dengan memutuskan hubungan. Hal ini tentunya sangat disayangkan, karena yang berubah bukanlah Anda atau pasangan, tetapi kondisi stres akibat pekerjaan yang sering tidak disadari.

Untuk menghindari hal ini, diperlukan kemampuan Anda dan pasangan untuk memilah mana hidup yang untuk pekerjaan, mana hidup yang untuk urusan asmara. Jika sudah tiba waktu untuk zona asmara, tinggalkan semua beban pekerjaan, Anda tidak hidup 24 jam untuk bekerja bukan? Menceritakan beban pekerjaan pada pasangan dan mendapat pelukan jauh lebih baik dibandingkan marah-marah tanpa alasan yang jelas.

(vem/yel)