Penipuan Berkedok Cinta di Dunia Maya


(c) ShutterStock

Vemale.com – Dunia maya memang rawan dengan penipuan, karena itulah setiap orang harus berhati-hati dan tidak mudah percaya begitu saja. Berkenalan di dunia maya memang menyenangkan tapi bukan berarti semua orang yang dikenal di dunia maya itu baik dan bisa dipercaya. Banyak kasus penculikan, pelecehan seksual dan penipuan yang terjadi karena dunia maya.

“Jika penipuan melalui telepon, undian berhadiah tampaknya sudah biasa dan tidak lagi mendapat tanggapan dari masyarakat, tetapi sekarang ada muncul penipuan dengan meminta perlindungan melalui internet,” tutur Made Subrata, asal Gianyar, seperti dikutip dari Antara, Jumat (5/7). Banyak modus penipuan salah satunya melalui surat elektronik atau email. Email ini biasanya berisikan permintaan yang mengiba. Misalnya adalah email yang dikirimkan oleh orang yang mengaku bernama Miss Gloria Oneil.

Gloria mengaku berasal dari Senegal dan memiliki deposito uang 5,3 juta dollar di sebuah bank di Inggris. Namun sayangnya Gloria tidak bisa mencairkan uang itu karena dirinya belum menikah. Gloria meminta Made menikahinya dan mengirimkan uang sebanyak 2000 dollar atau setara dengan 20 juta. Made pun merasa janggal dan memilih untuk mengabaikan email tidak jelas tersebut.

“Syukur saya sadar dan tidak melayani permintaan itu,” kata Subrata sambil menyebutkan bahwa rekannya Nyoman Mawa di Mengwi Badung juga menerima email serupa dengan modus operandi yang sama dan besaran dana deposito USD 4,5 juta. Modus seperti ini rupanya marak dan kerap ‘mampir’ di email milik orang Indonesia.

Ladies, bila Anda mendapatkan email semacam ini dari orang yang tidak dikenal dan berisikan permintaan untuk menikah dengan Anda atau belas kasihan Anda maka abaikan saja. Email-email seperti itu biasanya hanyalah penipuan belaka dan bisa jadi akan membobol password email Anda atau lebih mengerikan lagi, menguras isi rekening bank Anda. Hati-hati dengan penipuan di dunia maya, ladies.