Cerita Mazaya, Gadis Kecil Berkekuatan Mistis


 

(c) ShutterStock

Vemale.com – Setiap tahun di Kompleks Candi Arjuna, Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur Banjarnegara, Jawa Tengah ada satu ritual unik dan kerap ditunggu-tunggu oleh wisatawan. Nama ritual ini adalah pemotongan rambut gimbal, di mana pada ritual ini anak-anak yang tinggal di daerah sana yang memiliki rambut panjang dan gimbal dipotong dengan ritual setempat. Uniknya tahun ini tidak hanya anak yang berasal dari Dieng, namun ada seorang anak perempuan dari Bekasi yang juga mengikuti ritual ini. Gadis mungil ini bernama Mazaya Filza Labibah (7), Mazaya diantar oleh ayahnya untuk mengikuti ritual ini. Apa yang membuat Mazaya memiliki rambut panjang gimbal dan harus mengikuti ritual untuk memotongnya?

Menurut sang ayah, Sofyan Khadafi (41), rambut yang tumbuh pada anaknya memang terlihat berbeda dari anak kebanyakan di lingkungan. “Saat berusia 40 hari memang tumbuh rambut gimbal, kami mengadakan selapanan saat itu. Setelah rambut Mazaya dipotong ternyata malah sakit dan muntah-muntah. Kemudian, saat masih berusia 4 tahun kami membawanya ke tukang cukur, saat itu tidak ada tukang cukur yang mau mencukur rambut Mazaya. Alasannya takut kena bala,” katanya di sela-sela persiapan kirab ruwatan, Minggu (30/6) dikutip dari merdeka.com. Karena itulah Sofyan berpikir untuk mengikutkan Mazaya dalam ritual ini.

Potret Mazaya | (c) merdeka.comPotret Mazaya | (c) merdeka.com

Selain rambut panjang gimbalnya, Mazaya juga memiliki kemampuan unik yang tidak dimiliki oleh anak lain atau bahkan orang dewasa. Sofyan mengatakan Mazaya pernah terjatuh dari boncengan sepeda motor dan Mazaya baik-baik saja. Tidak hanya itu, Mazaya juga kerap memperingatkan kedua orang tuanya untuk berhati-hati atau menghindari sesuatu. Kemampuan unik Mazaya ini dikaitkan dengan rambut panjang dan gimbalnya.

Adanya ruwat rambut gimbal di Dataran Tinggi Dieng, membuat Sofyan bersemangat untuk mendaftarkan sang anak dalam acara yang digelar setahun sekali. “Saya berharap nantinya setelah diruwat akan membawa kebaikan bagi Mazaya,” ujar Sofyan. Fenomena rambut gimbal ini memang susah untuk dijelaskan namun benar ada yang terjadi di beberapa anak-anak. Entah kekuatan mistis apa yang ada pada anak-anak ini, ladies.