Teks Pidato – Cinta Tanah Air


Assalamu’alaikum wr. Wb.

Bismillahirrohmanirrohim, alhamdulillahirobbil ‘alamin, washolatu wassalamu ‘ala ashrofil anbiya iwal mursalin wa’ala alihi washohbihi ajma’in. amma ba’du.

Hadrotil Kirom, para alim ulama’ yang kami ta’ati fatwa-fatwanya,

Yang terhormat para ustadzah,

Yang terhormat jajaran pengurus

Dan kawan-kawanku senasib seperjuangan yang dirahmati oleh Allah

Tiada kata yang pantas tuk dilantunkan melainkan selaksa puja dan samudra syukur kepada sang sutradara alam semesta, King of the King, Allah swt. Yang telah melimpahkan gumpalan nyawa dan kesehatan sehingga kita dapat bersua di aula penuh barokah ini.

Salam damba penuh pesona semoga tetap semerbak harum ke haribaan sang reformasi dunia, Baginda Rasulullah SAW, yang telah membawa kita dari zaman kurma hingga zaman pizza, yakni addinul islam wal iiman.

Malam ini adalah malam yang sangat special, kenapa? Karena saya akan membawa teman-teman semua untuk mengingat dan lebih mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Saya akan membawakan sebuah judul ‘Cinta Tanah Air’.

Hmmm…. Cinta tanah air? Ckckck,,

Cinta Tanah Air, hal ini sekarang sudah saaaaaaaangat berkurang dan bahkan sekarang ini tidak sedikit orang-orang yang membenci tanah airnya sendiri, yaitu Indonesia. Mengapa hal ini bisa terjadi? memang harus kita akui bahwa Negara kita memiliki banyak mulai dari polisi yang bisa di sogok, pejabat yang korupsi, dan banyak yang lainnya. Kadang kita merasa kurang adil, yang kerupsi milyaran cuman dipenjara 1 bulan, tapi yang nyolong sandal jepit eh malah di penjara 5 tahun. Adil nggak tuh?

Yayaya, sudah banyak protes dari masyarakat kita tentang itu. Tetapi, akan lebih baik jika sebelum kita memprotes pemerintah, kita bercermin dulu. Sudahkah kita menjadi warga yang baik dan benar? Mbak-mbak, njenengan sedoyo sampun mnta’ati peraturan Negara nopo dereng? Lek bidal sekolah tepat waktu sedoyo nopo mboten? Lek bidal diniyah sampun tepat waktu nopo dereng?lek budal turu?

Teman-temanku yang dirahmati Allah,

Sudahkah kita mematuhi peraturan-peraturan yang ditetapkan pemerintah? jika belum maka perbaikilah terlebih dahulu diri kita sendiri sebelum kita memprotes yang lain karena sebenarnya kelemahan Negara kita terdapat pada rakyatnya.

Jhon F.kennedy mengatakan jangan menuntut apa yang Negara bisa lakukan untukmu tetapi apa yang bisa kamu lakukan untuk Negara. Negara sudah memberikan tempat tidur, makanan enak, minuman segar, budaya yang kaya, alam wisata, dan masih banyak lagi. Nah, apa yang mbak-mbak sudah berikan? Mbolos sekolah, ngantuk wayae pelajaran, gag ngerjakne tugas, entek-entek I sego, turuuuuu tok penggaweane. Ngge nopo mboten?

Maka dari itu, dengan kalimat yang tadi saya kutip dari Mr. Jhon ayo Bangkitkan rasa cinta tanah air dalam diri kita dan yakinlah dengan memperbaiki diri kita yaitu dengan mematuhi peraturan-peraturan pemerintah maka kita telah membantu Negara dalam menjalankan pemerintahannya.

Sebelum saya akhiri pidato saya, mari bersama-sama menyanyikan salah satu lagu wajib Indonesia yang berjudul Tanah Airku.

[Nyanyi Bareng]

Sekian yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaaf yang sebesar-besarnya. Wallahu muwafiq ilaa aqwamit thoriq.

Wassalamu’alaikum wr. wb