Terapi Pengobatan Paling Aneh di Dunia


Terapi pengobatan alternatif sering menjadi pilihan masyarakat karena dianggap lebih manjur, murah dan tidak memiliki efek samping. Selain terapi umum, ada beberapa terapi yang tergolong aneh di dunia.

Pengobatan alternatif yang ada saat ini sebagian besar belum memiliki bukti ilmiah yang kuat dan hanya berdasarkan pengalaman dari pasien saja. Padahal bukti ilmiah tersebut untuk menunjukkan keamanan, efektivitas dan mutu dari suatu pengobatan.

Bahkan ada beberapa terapi yang bersifat ektrem yang masih banyak dipercaya dapat menyembuhkan penyakit. Berikut beberapa terapi pengobatan yang tergolong paling aneh di dunia, seperti dilansir cbsnews, Senin (5/3/2012):

1. Terapi minum bayi tikus

Bila direndam dengan anggur beras, bayi tikus yang baru berumur beberapa hari ini bisa berubah menjadi minuman tonik tradisional yang banyak dijadikan obat di China dan Korea.

Terapi ini dipercaya dapat mengobati beberapa jenis penyakit, mulai dari flu biasa hingga meningkatkan kejantanan pria.

2. Terapi lintah

Terapi lintah mulai umum di beberapa wilayah dunia, termasuk di Sanjeevani, India. Terapi ini merupakan praktik kuno yang didasarkan pada konsep menyeimbangkan tubuh dengan menggunakan lintah untuk mengeluarkan cairan empedu hitam, cairan empedu kuning, dahak dan darah kotor. Air liur lintah dipercaya memiliki antikoagulan sehingga memudahkan darah mengalir dengan mudah.

3. Mengikat dan menyilet pembuluh darah

Metode ini juga metode untuk mengeluarkan darah yang secara tradisional dilakukan di India. Terapi ini dilakukan dengan mengikat kaki kemudian pembuluh darah yang muncul akan disilet sedikit agar darah kotor mulai mengalir keluar.

4. Menuangkan minyak ke kepala

Di India, orang yang menderita migrain tidak perlu minum obat karena minyak obat akan langsung di tuangkan pada daerah yang sakit. Minyak obat digunakan untuk mengobati kondisi seperti migrain dan tinnitus (telinga berdengung).

Sekitar empat perlima dari hampir 1,2 miliar populasi di India mempraktikkan terapi pengobatan alternatif ini, menurut National Geographic.

5. Gauze treatment

Gauze treatment adalah terapi pengobatan yang dipraktikkan di beberapa daerah di India, yang dipercaya dapat membuang racun dari perut. Terapi ini dilakukan dengan menelan strip kain kasa panjang dengan ujung kain disisakan sebagian. Kain kasa tersebut akan memijat perut secara manual untuk membersihkan perut. Kasa kemudian ditarik.

6. Makan sup ular

Beberapa orang minum sup ayam ketika sedang sakit. Tapi di Hong Kong dan China, orang minum sup ular agar tidak sakit. Sup ular dipercaya memiliki manfaat kesehatan secara keseluruhan.

7. Mengobati asma dengan lemak buaya

Meski sudah 300 tahun kontak dengan Eropa dan Peru, penduduk lokal Shibipo masih mempertahankan identitas kesukuan dan perdukunan yang kuat, menurut National Geographic.

Di daerah tersebut, dukun melakukan ritual rohani di depan seekor caiman (keluarga buaya). Lemak dari caiman digunakan untuk mengobati masalah paru-paru seperti asma.

http://health.detik.com