Ajaib, Unicorn Liar Arab Punah Kembali ‘Hidup’


New York – Ilmuwan dan ahli konservasi hewan sangat senang mengetahui Unicorn liar Arab kembali dari ambang kepunahan. Sebelumnya, hewan menakjubkan ini diduga punah pada 1972.
Awalnya hewan yang juga dikenal sebagai Arabian Oryx ini diduga punah saat unicorn liar ini yang terakhir ditembak mati pada 1972. Kelompok International Union for Conservation of Nature (IUCN) mengumumkan, spesies ini kembali hidup berkat program pembiakan komprehensif.
IUCN telah lama terlibat pembiakan hewan ini selama tiga dekade. Akhirnya, program ini terbayar sudah, sekitar seribu hewan menakjubkan ini ada di gurun Arabian Peninsula. IUCN mengaku, saat pertama memulai proyek ini, hanya terdapat enam ekor unicorn liar.
Untungnya, berkat pembiakan intens, jumlah hewan menakjubkan ini mencapai angka seribu dalam kurun kurang dari empat dekade. IUCN berencana melepas hewan ini kembali ke alam liar, namun hanya di tempat-tempat tersebut hewan ini tak akan mendapat bahaya.
Direktur Umum Badan Lingkungan Arab mengatakan, “Membawa kembali Arabian Oryx dari ambang kepunahan merupakan satu kisah sukses menakjubkan. Semoga spesies-spesies lain terancam punah bisa kembali lagi.” [Sumber : Inilah.com]
Iklan