Makanan Penghilang Bau Mulut


Bau napas yang tidak sedap bisa dipicu oleh banyak faktor, salah satunya berasal dari makanan. Makanan tidak hanya bisa menyebabkan bau mulut, akan tetapi juga bisa membantu menghilangkan bau tersebut. Penasaran Makanan apa saja yang bisa mengurangi bahkan menghilangkan bau mulut yang tidak sedap ?

Bau mulut atau halitosis, disebabkan oleh berbagai macam alasan antara lain makan makanan tertentu, merokok, penyakit gusi, mulut kering, bakteri mulut dan lain sebagainya. Selain menyikat gigi dan mengunjungi dokter gigi secara teratur minimal 3 bulan sekali, salah satu cara mengatasinya dengan beberapa makanan yang dapat Anda makan untuk mengurangi bau mulut yakni :

1. Apel
Apel adalah salah satu makanan terbaik yang dapat memerangi bau mulut. Tekstur apel yang keras membantu menghilangkan kehilangan plak di gigi. Karena mulut kering menyebabkan bau mulut, air dari buah apel juga membantu memerangi masalah ini. Apel dapat memberikan kebutuhan kelembaban mulut untuk menghilangkan bakteri.

2. Peterseli dan garnish hijau
Ketika pesanan Anda tiba dengan garnish hijau di bagian pinggirnya, biasanya berupa daun parsley, basil, atau rosemary, coba kunyah daun-daun tersebut. Batang dan daun tumbuhan kecil ini memiliki kandungan minyak yang memiliki aroma yang bisa menutupi bau mulut.

3. Yogurt
Produk susu tertentu dapat memberikan bantuan untuk menghilangkan bau mulut. Konsumsi harian yoghurt secara drastis dapat mencegah dan mengurangi halitosis. Mengkonsumsi setengah cangkir yogurt tawar, bebas gula, dan rendah lemak bisa menurunkan level sulfida hydrogen penyebab bau napas tidak sedap. Buah berry, seperti pula melon, jeruk, dan buah-buahan lain yang mengandung vitamin C tinggi, juga bisa mengurangi bakteri mulut yang berbau. Mulailah setiap hari dengan yogurt yang diberikan buah sebagai pelengkap.

Dalam studi yang disampaikan kepada International Association for Dental Research, Dr Kenichi Hojo dan tim peneliti Jepang menemukan bahwa yoghurt tanpa gula dapat mengurangi senyawa berbau busuk yang menyebabkan bau mulut.

4. Stroberi
Stroberi adalah buah lain yang dapat menjadi solusi untuk bau mulut. Stroberi tidak hanya mencegah mulut kering, tetapi juga mengandung sejumlah besar vitamin C. Lingkungan tinggi vitamin C membuat sangat sulit bagi bakteri dan kuman untuk berkembang biak. Makan stroberi dan makanan lain yang kaya vitamin C sangat mengurangi bau mulut. Selain itu, 2.000 sampai 6.000 mg vitamin C diminum setiap hari, membantu menyembuhkan penyakit mulut dan gusi.

5. Daun Mint atau Kayu Manis
Daun mint maupun Kayu Manis bisa membantu menghilangkan bau tak sedap karena mengkonsumsi bawang Bombay ataupun bawang putih. Biasa ditaruh dalam makanan atau minuman sehingga memberikan efek yang segar di mulut dan aroma yang sedap.

6. Lemon
Irisan lemon yang disisipikan saat kita makan di restauran bukan tanpa sebab. Karena potongan lemon itu bisa menetralkan bau mulut atau aroma makanan yang cukup kuat. Seperti aroma kambing, ataupun aroma bawang.

7. Wortel
Pada saat mengunyah makanan yang mengandung serat, akan membantu mulut memproduksi air liur yang menciptakan pembersih mulut alami. Banyak dokter gigi menganjurkan untuk mengunyah wortel, untuk mengurangi bau mulut. Selain sedap, seratnya pun baik untuk kesehatan pencernaan dan membantu Anda yang tengah menjalankan diet.

8. Buah Durian
Jika Anda tak bisa melewati hari tanpa makan makanan yang bisa memicu bau napas tidak sedap, makanlah buah durian setelah menyantap makanan pemicu bau tak sedap tersebut. Daging buah durian, biji serta kulitnya memiliki aroma kuat. Apalagi, buah durian Durian juga banyak mengandung vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C; serta kalium, kalsium dan fosfor yang banyak bermanfaat bagi kesehatan.

Berbagai Sumber.